Sabtu, 21 Agustus 2010

Telekomunikasi: Tahukah anda?

Kali ini saya akan sedikit memberikan paparan mengenai dunia telekomunikasi, tentang mengapa seringkali kita kesulitan dalam melakukan panggilan telepon.
Sering kali kita melakukan percakapan telepon dengan orang-orang yang kita cintai atau rekan bisnis kita, kita menemui kenyataan bahwa kita kesulitan dalam melakukan call alias susah nyambung. Nah ada beberapa hal yang menjadi penyebab kita susah melakukan telepon.
Hal-bal tersebut diantaranya adalah seringkali operator telepon mengalami masalah kapasitas jaringan karena seiring dengan pertumbuhan pengguna telepon di indonesia maka kapasitas jaringan bisa saja tidak bisa menampung atau dalam bahasa kerennya overload, ibarat ketika kita mengantri bus way di blok M susah banget kan dapet Busway kosong dari blok M terutama saat pulang kerja? hehehe, nah hal itu sama juga dengan telepon, ada antrian yang dibutuhkan untuk menunggu call kita supaya nyambung ke rekan telepon. Tapi jangan khawatir, selama permintaan pelanggan untuk melakukan telepon naik terus operator pasti tidak akan tinggal diam dalam melakukan ekspansi supaya kapasitas jaringan bisa memenuhi permintaan telepon yang dilakukan.



Hal yang kedua yang sering terjadi saat ini adalah para operator jaringan telepon sedang berusaha melakukan perbaikan di jaringannya. Dan seiring dengan perbaikan tersebut, maka operator seringkali membutuhkan waktu perbaikan (outage) yang pastinya berimpact pada service telepon itu sendiri.
Hal yang ketiga adalah memang adanya gangguan, seringkali adanya pekerjaan-pekerjaan penggalian kabel oleh PLN atau dinas PU menyebabkan problem ini sehingga kadang ada kabel optik yang mengalami patah alias putus, dan ini membutuhkan waktu yang kadang tidak sebentar untuk perbaikan tersebut.
Nah, oleh karena itu sebagai pelanggan yang baik hendaknya bersabar yah, karena gangguan saat telepon datangnya bukan karena disengaja oleh para operator telepon, namun karena adanya aktivitas yang dimaksudkan untuk perbaikan pelayanan pada pelanggan

Salam

Tidak ada komentar: